Inilah 10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Anime

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Anime, Yang Mungkin Belum Minna-san Ketahui!


Kini banyak sekali orang yang tertarik dengan anime. Tayangan animasi yang satu ini bukan hanya menarik untuk anak-anak, bahkan orang dewasa pun sering menikmatinya. Jika minna-san salah satu di antara penikmat anime, minna-san perlu tahu beberapa fakta unik seputar anime yang dapat membuat minna-san terperangah.

Dalam artikel ini, minna-san akan menemukan fakta-fakta menarik di balik sebuah tayangan anime kesukaan minna-san. Bahkan, minna-san juga dapat menemukan beberapa ide di balik pembuatan anime yang diungkapkan oleh penciptanya. Inilah 10 fakta menarik tentang anime yang perlu minna-san ketahui.

10 Fakta Menarik Seputar Anime

1. Menyumbangkan 60% Film Animasi di Dunia


Jepang memiliki industri animasi yang cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari data yang dikeluarkan oleh Organisasi Perdagangan Luar Jepang pada 2004 yang mengungkapkan bahwa anime dan acara TV Jepang menyumbang 60% dari keseluruhan acara hiburan yang ada di dunia. Bahkan, kebutuhan pengisi suara anime pun sangat besar. Terbukti dari berdirinya 130 sekolah pengisi suara yang tersebar di seluruh Jepang.

2. Semua Karakter Code Geass Suka Pizza


Code Geass: Lelouch of The Rebellion, atau biasa disingkat Code Geass, adalah sebuah serial anime yang diciptakan oleh studio Sunrise, disutradarai oleh Gorō Taniguchi, dan ditulis oleh Ichiro Ōkuchi, dengan desain karakter asli yang dibuat oleh Clamp.

Jika minna-san bingung kenapa banyak orang Inggris dalam anime ini yang suka makan pizza, hal ini disebabkan karena anime ini didanai oleh Pizza Hut Jepang. Logo Pizza Hut dihilangkan dalam versi bahasa lain karena alasan hukum.

Namun, Cheese-kun – maskot resmi Pizza hut di Jepang – masih muncul dalam serial anime ini. Sponsor lainnya yang juga muncul dalam anime Code Geas ini adalah BIGLOBE, sebuah perusahaan penyedia layanan internet di Jepang.

3. Para Titan Terinspirasi dari Orang Mabuk


Bagaimana Hajime Isayama bisa mendapatkan ide untuk makhluk menakutkan seperti Titan dalam Attack on Titan? Dalam sebuah acara TV Jepang “Zip!” Isayama mengungkapkan bahwa salah satu karakter monster paling menakutkan dalam anime ini terinspirasi dari pelanggan mabuk yang dia temui saat berada di warung internet.

Kesulitan Isayama untuk berkomunikasi dengan orang mabuk menginspirasinya untuk menciptakan sebuah serial tentang makhluk yang cukup dikenal, sekaligus menjadi makhluk yang paling menakutkan di dunia, yaitu titan.

4. Muncul 50 Warna Baru dalam Anime Akira


Akira bukan hanya menjadi film animasi yang mengubah persepsi barat terhadap tayangan yang ramah untuk anak-anak di tahun 1989, karena anime ini juga menorehkan prestasi dalam industri anime Jepang. Akira terdiri dari 2,212 adegan dan 160,000 gambar; 2-3 kali lebih banyak dari rata-rata adegan dan gambar yang dimiliki film anime.

Anime ini juga menggunakan 327 warna, di mana 50 warna di antaranya dibuat khusus hanya untuk anime ini. Hal ini karena kebanyakan adegan dalam anime Akira mengambil waktu pada malam hari. Kebanyakan animator menghindari setting waktu malam hari karena meningkatnya jumlah warna yang dibutuhkan.

5. Anime yang Mendapat Penghargaan Academy Award


Penghargaan Academy Award untuk Animasi terbaik biasanya jatuh pada karya Disney dan Pixar. Namun, pada 2003, anime Spirited Away memenangkan penghargaan Academy Award ke-75 untuk Animasi terbaik. Sayangnya, sutradara film tersebut, Hayao Miyazaki tidak menghadiri acara tersebut karena penentangannya terhadap perang Irak.

6. Death Note Mengisnpirasi Anak-Anak di Cina untuk Menuliskan Nama Gurunya


Cina adalah salah satu negara yang tidak ragu untuk mencekal beberapa jenis anime di negaranya. Serial anime populer, seperti Highschool of the Dead, Attack of Titan, dan Psycho-Pass sudah dilarang tayang di negeri bambu ini.

Death Note, salah satu serial shonen jump yang populer, justru dicekal bukan karena adegan kekerasan yang ditampilkannya. Pemerintah mencekalnya karena anime ini menginspirasi siswa di Cina untuk membuat buku catatannya mirip dengan Death Note dan menuliskan nama guru yang dibencinya dalam buku tersebut.

7. Karakter Anime dengan 22 Pengisi Suara


Seperti yang disampaikan dalam sebuah serial animasi The Simpson, keajaiban dari sebuah animasi adalah minna-san bisa mengubah suara karakternya dan tidak ada siapapun yang menyadarinya. Namun, hal ini berbeda dengan serial anime “Is This A Zombie?”.

Anime yang yang satu ini menggunakan 22 pengisi suara yang berbeda untuk salah satu karakternya yang bernama Eucliwood Hellscythe. Perubahan ini dilakukan selama 2 musim. Karakter ini memang lebih banyak diam dalam setiap serinya. Tapi, seluruh dialognya adalah hasil imajinasi dari karakter utamanya sehingga suaranya berbeda-beda dalam setiap fantasi yang dimiliki sang karakter utama.

8. Nama Studio Ghibli Terinspirasi dari Pesawat Tempur Perang Dunia 2

Kecintaan Hayao Miyazaki bukan hanya terlihat dari karyanya dalam anime The Wind Rises di tahun 2013. Ternyata, nama studio animasinya, Studio Ghibli, diambil dari sebuah pesawat tempur Italia Ca. 309 Ghibli. Studio Ghibli bahkan memberikan sebagian penghasilannya dari film The Wind Rises kepada desainer pesawat tersebut, Giovanni Battista Caproni.

9. Anime dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia


Kesuksesan anime karya Makoto Shinkai: “Kimi no Na Wa” memang tidak dapat diremehkan. Anime ini bukan hanya menorehkan kesuksesannya di Jepang, tapi anime ini mengalahkan film Spirited Away karya Studio Ghibli sebagai anime dengan pendapatan terbesar di dunia. Your Name menghasilkan $355 juta, mengalahkan Spirited Away yang hanya mendapatkan $289 juta saja.

10. Merekam Suara di Luar Angkasa


Di luar angkasa, tidak ada yang dapat mendengar suara minna-san , kecuali dalam anime. Dalam episode ke-31 dari serial anime Space Brothers, seorang astronot Jepang, Akihiko Hoshide, tampil dan merekam suaranya sendiri di dalam sebuah stasiun luar angkasa internasional (ISS).

Hoshide mengklaim sebagai aktor pertama yang mengisi suaranya di luar angkasa. Dia mengungkapkan bahwa prosesnya cukup sulit, tapi dia sangat bersemangat dengan hasilnya dan dalam adegan suaranya akan ditempatkan dalam anime tersebut.

Masih banyak sekali fakta-fakta dalam anime yang sepertinya sulit untuk dimasukkan dalam artikel ini. Namun, kebanyakan pencipta anime memasukkan elemen tertentu yang mungkin tidak terpikirkan. Bahkan, banyak juga yang memasukkan nama-nama orang dan berbagai merek produk tertentu sebagai bentuk penghargaan mereka.


Itulah Fakta-fakta unik dan menarik yang saya bagikan kepada minna-san. Apakah masih ada fakta lain yang masih belum minna-san ketahui? Atau minna-san memiliki fakta lain yang belum ada di artikel ini?. Silahkan bebagi pengetahuan minna-san di kolom komentar yah :).

Arigatou Minna-san

Post a Comment

0 Comments